Jumat, 30 Desember 2011

Linux Centos 5.0-Pertemuan 13 (Kesimpulan)


Linux Centos 5.0 (Pertemuan 13)
Kesimpulan Menggunakan Linux Centos 5.0


Kenapa kita butuh LSA [Linux System Administrator] ? jawabanya adalah karena system juga sama perlu seorang pemimpin dan manger, betul tidak !!? nah setelah kita mempelajari dan mereview beberapa materi Linux System Administrator saya menyimpulkan bahwa:

1.   Dalam sebuah system diperlukan management dan monitoring agar meminimalisir kesalahan yang disebabkan oleh machine error maupun human error.
2.   Linux centOS 5 merupakan salah satu pilihan yang paling populer dan sering digunakan untuk mengatur sebuah jaringan.
3.   Dalam segi keamanan linux memiliki keunggulan baik arsitektur system dan aplikasinya.
4.   Linux mampu bekerja dalam kondisi apapun baik modus text / shell maupun GUI yang tidak kalah bagusnya denga OS yang komersial.
5.   Dalam pengaturan jaringan linux memiliki beberapa aplikasi yang bisa langsung digunakan tanpa harus menginstall lagi.
6.   Dalam pengaturan jaringan linux memberikan alternatif baik pengaturan yang berbentuk GUI maupun modus teks atau shell.
7.   Linux sebagai OS alternatif yang bebas biaya dan menyediakan beberapa aplikasi alternatif dari aplikasi berbayar. Baik aplikasi kantor [Openoffice, gnuCash], Design [Gimp,Blender], Antivirus [ClamAV], Multimedia [VlC Player, XMMS], Firewall [iptables], server [Ubuntu, centOS, Fedora], dsb.

      Jadi mulai sekarang beralihkan menggunakan linux, bebas bukan berati tak nyaman dan tak aman. Justru dengan adanya system yang opensource maka semangat untuk belajar dan melatih kreatifitas seorang IT agar tidak ketergantungan dengan product berlisensi bisa diatasi. Aman…Nyaman..dan  Murah itulah LINUX..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar